Review Lenovo A6010



06 Mei 2016 senada dengan 27 Rajab 1437


Lenovo merupakan salah satu merk Tiongkok yang beberapa waktu lalu sempat masuk lima besar dunia dalam penjualan smartphone. Namun bulan peringkatnya turun dari lima besar dunia, tergusur oleh sesama merk asal Tiongkok.


Smartphone ini merupakan generasi setingkat lebih tinggi dari seri A6000 maupun A6000+. Perbedaannya saya rasa tidak benar-benar signifikan. Namun bagaimanapun, tetap saya pakai mengingat ini pemberian ortu haha.


Berikut sedikit review dari saya.


Paket Penjualan


Setelah membuka box, anda akan menemukan smartphone, kaber data, charger, baterai, buku panduan dan kartu garansi. Berhubung yang saya beli merupakan paket bundling promo, maka saya juga mendapat kartu smartfren 4G LTE gratis. Didalamnya ada gratis kuota 2GB 4G yang bisa dipakai selama lima hari.


Desain, Display dan UI-App


Menurut saya desainnya low profile. Termasuk desain yang saya suka karena tidak neko-neko, enggak alay. Haha. Mungkin kesannya tidak pas ditangan karena tidak menyesuaikan kontur tangan, tapi desain kaku seperti inilah yang mengesankan smartphone ini berkelas. Material yang digunakan saya tidak benar-benar paham namanya tapi sejenis plastik dan cukup keras. Bahannya bagus. Di bagian depan atas kita bisa melihat kamera depan, unit penerima dan sensor cahaya. Sementara di bagia bawah terdapat tombol back, home dan multitab. Tombol volume dan lock/on-off button, terdapat di bagian tepi kanan. Bagian tepi atas terdapat port USB dan Jack Audio. Mikrofon, terdapat di bagian tepi bawah. Sementara di bagian belakang kita bisa temukan logo Lenovo, kamera belakang, flash, dan lubang speaker ganda Dolby Atmos.


Menurut data dari CPU-Z, saya mendapat keterangan teknis bahwa  ukuran layar smartphone ini adalah 4.71 inchi, resolusinya 720x1280 pixel dan kerapatan pixelnya 311 dpi. Awalnya saya merasa smartphone ini terlalu besar, namun setelah dipakai ya terasa nyaman juga. Untuk kesan ketika menatap layar, beuh keren. Sepanjang saya memakai smartphone pribadi, inilah yang paling jernih dan nyaman. Kesannya kaya terang banget layarnya meski kecerahannya sudah paling rendah. Lenovo bisa menampilkan citra visual yang baik.


User interface merupakan khas Lenovo, kalau tidak salah namanya Vibe UI. Bagi saya tampilannya sederhana sekali dan saya suka. Saya rasa tampilan ini mengesankan sisi elegan. Kombinasi warna pada UInya bagus. Secara default, saat pertama mengaktifkan smartphone, akan ditampilkan tiga window. Lalu lewat status bar, kita bisa melakukan beberapa pengaturan cepat seperti switch on bluetooth, wi-fi dll. Selain itu banyak aplikasi bawaan yang disediakan dan saya rasa semua berguna serta dalam batas normal jadi bukan termasuk foistware.


Hardware dan Kinerja


A6010 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan empat ini dan berjalan dengan speed 1.21 GHz. RAM yang digunakan adalah 2GB. Selama pemakaian normal saya merasa nyaman sekali, mulus dan tanpa gangguan. Kegiatan multitask selama ini aman-aman saja, memang pernah juga ada lag yang tidak signifikan. Saya pribadi tidak terlalu suka bermain game jadi tidak ada aplikasi game didalamnya. Tapi sepertinya memang akan lancar memainkan game yang tidak terlalu berat. Sayangnya, kadang layar smartphone tiba-tiba hitam. Entah sebabnya apa. Untuk mengatasinya saya terpaksa mencopot baterai. Mungkin saya perlu update firmware yang sudah disediakan.


Smartphone ini dibekali memory internal sebesar 16Gb, slot SD eksternal dan baterai 2300mAh. Selama ini saya masih belum kekurangan storage karena aplikasi yang terinstall tidak benar-benar banyak atau besar. Sedang untuk dayanya, saya rasa normal. Untuk pemakaian biasa, baterai bisa bertahan setengah hari. Cuma, untuk pengisian daya tidak benar-benar cepat.


Koneksi


A6010 memiliki dual port sim yang sudah mendukung 4G. Jika memakai kartu 4G, kinerja jaringannya gegas sekali. Namun saya rasa penangkapan jaringannya juga bagus sebab saya merasa tidak ada masalah pada koneksi asal bukan bersumber operatornya.


Multimedia


Dengan adanya twin speaker dolby atmos, saya rasa ini salah satu aspek yang paling menjual. Jika kita set volume lagu, suaranya akan tetap terdengar jernih. Demikian juga ketika mekakai headset selain itu semua bisa disetting dan dikustomasi.


Kamera


Kamera belakang 13MP dan depan 5MP, bagi saya ini kombinasi yang lumayan. Hasilnya bagus jika kondisinya banyak cahaya. Namun, jika lowlight kondisinya cukup memprihatinkan, baik kamera depan maupun belakang. Selain itu pengaturan kameranya kurang lengkap semisal tidak adanya timer untuk kamera depan.


Daya Saing


Untuk kelas mid low, saya rasa kamera ini cukup menjual walaupun jika dibandingan dengan merek lain di harga yang sama, anda bisa mendapat spesifikasi yang lebih baik.


Simpulan


Menurut saya, smartphone ini sudah mengakomodir kebutuhan saya. Kinerja, desain, tampilan, aplikasi, kamera dan lain-lain saya rasa semuanya keren. Jika anda ingin membeli perangkat ini saya rekomendasikan, utamanya bagi yang suka bermusik ria keras-keras. Tapi Jika anda cukup memperhatikan budget, saya rasa anda bisa beralih ke merek atau seri lain.


NB. Pemetaan diatas, dan juga beberapa data bersumber dari Tabloid Sinyal dan Tabloid Ponsel Edisi 328. Plus saya juga membaca Quick Start Guide yang ada. 

Hasil Jepret | Source: Lenovo A6010

Rupa | Source: smeaker.com

Komentar