Review Allo


Tertanggal 26 oktober 2016 senada dengan 25 muharram 1438

Google saat ini merupakan perusahaan dengan nilai valuasi terbesar. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya inovasi yang mereka lakukan dan berdampak pada kenaikan nilai penjualan produk. Salah satu yang mereka rambah adalah instant messenger. Google meluncurkan layanan pesan singkat yang diberi nama Allo. Meski belum lama dirilis, tapi sudah banyak yang mendownload aplikasi ini. Saya juga pakai. Berikut sedikit testimoni dari saya selama menggunakan aplikasi ini.

Grafis
Keren sih menurut saya. Atau bisa juga dibilang alay haha. Desainnya didominasi warna putih dengan background flat. Ya begitulah tampilan window chat. Ada warna ungu dan aquos.

Menu dan Fungsi
Tampilan Allo sederhana. Ketika kita buka aplikasi, akan tampil list chat. Menu ada di bagian kiri, tinggal disapu saja. Nanti tampil beberapa opsi, profile, blocked contacts, setting dan about. 

Profile hanya memuat informasi akun anda yaitu berupa nomor (karena proses sign in-nya menggunakan nomor). Anda bisa mengatur foto dan nama profile.

Blocked contacts memungkinkan anda untuk menolak menerima pesan dari suatu nomor.

Pengaturan memungkinkan anda untuk set up beberapa hal seperti mengganti tema, mengatur pendownload media secara otomatis, incognito chat dan setelan akun.

Help and feedback, tentu informasi mengenai software dan informasi yang anda butuhkan saat mengalami masalah.

Kinerja
Saya rasa lumayan. Kecepatan chat tentu bergantun pada kecepatan jaringan tapi selama proses texting tidak ada masalah.

Kamu bisa menambah orang yang ingin kamu chat dengan menekan logo chat yang ada di kanan bawah atau bila ingin mencari chat tertentu search lewat logo search di kanan atas. Minusnya adalah anda harus menambahkan kontak pada memory hp baru nanti sikronisasi pada Allo contacts, tidak bisa dari aplikasi langsung.

Sisanya rasa rasa sama seperti mendukung fitur mute, clear chat history, voice message, menambahkan emoticon (khas google), stiker, lokasi, dan foto (baik dari galeri maupun kamera langsung). Saya rasa belum bisa attach file dan video. Sisi lebih lain, anda bisa search di tiap chat, tidak secara umum. Keren. Dan anda bisa main-main dengan google assistant.

Kesimpulan
Saya rasa bagus untuk digunakan apalagi anda penasaran untuk mencoba hal baru. Tapi rasanya tak ada yang spesial. 



Komentar