Dear Guruku


12 Pebruari 2016 senada dengan 4 Jumadal Ula 1437 (Night)


Sudah seminggu sejak hari menyesakkan itu. Sungguh, kami yang ditinggalkan tidak menyangkan kepergian itu. Terlalu tiba-tiba dan tidak terduga.


Hari sabtu, tanggal 06 Pebruari 2016/27 Rabiul Akhir 1437, sekitar jam tujuh pagi, beliau menghadap rabb-Nya. Situasinya hampir sama dengan kepergian ayahanda beliau. Oh berat rasanya menerima kepergianmu, Nyai Khatibatul Ummah binti Alm KH. A. Warits Ilyas.


Kabar duka beliau kudengar dari ibu. Derai tangisnya menyeruak dari seberang telepon genggam ayahku. Sangat pilu kedengarannya. Menyesakkan. Dari yang kudengar, beliau meninggal karena pendarahan. Ceritanya, beliau melahirkan putri pertamanya hari itu. Entah kenapa sejam kemudian beliau merasakan sakit di bagian punggung, wajah beliau pucat. Kondisi itu membuat beliau dilarikan ke Puskesmas Kemisan dan selanjutnya ke RSUD Sumenep. Namun, beliau akhirnya tiada. Mungkin ketika dalam perjalanan ke Sumenep. Itu cerita yang saya dengar, wallahu a’lam.


Kepergian seseorang menyisakan banyak kenangan bagi yagn ditinggal. Bagi masyarakat, beliau adalah sosok ibu nyai yang baik dan mengayomi. Aktifitas hariannya berkutat seputar pengobatan herbal. Pun juga beliau aktif di Fatayat NU sebagai pengurus. Bagi keluargaku, beliau adalah sosok yang dekat sekali dan banyak kenangan. Bagiku, beliau adalah guru dan sahabat yang menyenangkan.


Aku besar di lingkungan pesantren. Sudah sejak kecil kenal dengan beliau. Atau tepatnya, Neng Oot (sampai hari ini, saya lebih nyaman memanggil beliau ‘neng’) yang mengenal saya duluan. Beliau banyak mengajarkan ilmu pada saya utamanya kesehatan dan pengobatan herbal. Baik dan perhatian. Setiap bertemu selalu bertanya ‘kondisi terakhir’ saya. Tapi sejak kuliah, tentu jarang sekali bertemu kecuali saya pulang ke Annuqayah. Hal yang paling saya sesalkan adalah tidak pernha bertemu langsung lepas beliau menikah. Banyak kisah yang sudah lewat, dan mengingat semuanya hanya memperkeruh ingatan saya, menyesakkan hati dan saya khawatir tidak rela dengan kepergian beliau.  


Sejujurnya, tidak banyak hal yang bisa saya lakukan untuk beliau. Budi beliau terlalu besar dan terlampau berat untuk dibalas semua. Shalat jenazah, mengantar hingga pemakaman, mengaji dan tahlil adalah hal yang bisa saya lakukan untuk beliau selama masih di rumah. Dan di Jogja, tulisan ini adalah bentuk presiasi terakhir untuk beliau yang bisa saya lakukan. Setidaknya, hanya doa yang bisa terus teruntai. Semoga engkau diterima disisi-Nya, diterima amal ibadah-Nya dan tenang di alam sana.


Kami sayang padamu, Neng.

 
Neng Oot bersama suami | Source: facebook.com

Komentar