Definisi Laptop

02 Pebruari 2016 senada dengan 24 Rabiul Akhir 1437 (Night)

Ng jangan dibawa serius melihat judulnya haha

Sebelumnya, bila anda sempat membaca postingan singkat ini saya sampaikan terima kasih :)

Jadi gini, laptop merupakan benda yang sangat umum di kalangan mahasiswa dan familiar di telinga masyarakat umum. Tapi sebenarnya apa sih laptop itu?

Pada awalnya, komputer yang kita gunakan ukurannya besar. Tapi semakin maju teknologi, ukurangnya mulai mengecil. Bahkan tiap rumah bisa memiliki komputer yang biasanya diletakkan di meja dan ditemani berbagai perangkat input-output yang dibutuhkan. Dan kita menyebutnya komputer dekstop.

Wacana fleksibilitas kerja pun menguat. Penggunaan komputer mulai jamak dan membantu kehidupan. Maka  menjadi penting  ada komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Dari itu, hadirlah laptop.

Laptop terbentuk dari kata lap dan top. Dalam bahasa Inggris, Lap itu bisa diartikan pangku(an) dan top adalah kependekan dari desktop. Jadi laptop itu aslinya lap dekstop atau komputer pangku. Iya kan?

Bagaimana dengan notebook atau netbook? Ada yang bilang notebook itu laptop, sedang netbook bukan laptop. Menurut saya kurang tepat. Ini sebenarnya ada pada hubungan genus spesies. Laptop itu genus, lalu notebook, netbook, dan ultrabook adalah spesies laptop, spesies komputer pangku. Yang menjadi berbeda adalah spesifikasi (hardware, software dan fisik) dan utilitasnya.


Yap sekian dan terima kasih. :D  

Laptop :D : Source: google image

Komentar