Review Coolpad Roar



09 Januari 2016 senada dengan 28 Rabiul Awwal 1437

Coolpad Roar merupakan hp yang saya gunakan setelah Asus Zenfone 4. Hanya sebentar sih dalam gengggam. Kalau enggak salah dua minggu doang. Dan karena satu dua hal dia harus lepas ke tangan pengguna lain dengan harga jual 1.100.000. penjualan terjadi karena aku iklankan lewat OLX.

Saya beli perangkat ini di Jogjatronik tanggal 23 Desember 2015. Harganya Rp. 1.400.000,-. beberapa hari kemudian saya membeli flip covernya seharga Rp. 100.000,-. Katanya flip cover ini dirancang khusus untuk perangkat ini. Total pembelian saya jadi 1.500.000,- dong he. Dalam paket penjualannya (dalam box) terdapat smartphone, headset, baterai, charger, kartu garansi dan manual book. Garansinya satu tahun. Dan service centre Coolpad sudah dibuka di Jogjatronik.

Berikut sedikit penilaian saya mengenai perangkat ini.

Desain dan Dimensi
Dimensi layar cukup lega. Katanya sih 5 inch. Panjang lebarnya saya lupa. Tapi bodinya tipis sekali dan sangat ringan bahkan terkesan ringkih. Bahannya plastik atau apa. Warna yang dapat navy blue. Soalnya dibilang hitam juga enggak jelas. Haha. Desainnya kurang menarik sih menurut saya namun enak di tangan. Setelah saya tambah flip cover, keren deh jadinya. Seperti smartphone premuim gitu. Port usb ada dibawah, headset di atas, volume di kiri atas dan lock button di kanan atas.

Layar
Yang keren, dua ketuk layar bisa mengaktifkan layar he. Hm selain bentang yang luas kayanya pixelnya juga tinggi deh. Pas ngeliat aku ngerasa nyaman banget, pancaran cahaya pas. Dan kata penjualnya udah corning gorilla glass. Entahlah. Respon dan pergerakannya lancar.

Dapur Pacu
RAM 1gb, dan chipset udah quad core. Cuma, aku lupa berapa ghz. Chipsetnya ARM kalau enggak salah. Dan menutku dengan spesifikasi segitu udah enak untuk pemakaian normal. Aku juga merasa begitu walau kadang sempat lag kalau kebanyakan buka aplikasi.

Baterai
1800mAh. Tidak cepat habis dan chargenya cepat. Walau jaringan lancar dan dipakai buat foto, baterainya enggak cepat berkurang. Menurutku ini salah satu yang kusuka.

Kamera
Primer 5MP dan sekunder 2MP. Udah ada flashnya. Penangkapan sensor cahayanya bagus. Pengambilan gambarnya cepat. Cuma tidak banyak fitur filter foto. Penggunaan indoor kurang sih menurutku. Bagusnya di outdoor. Banyak cahaya, hasilnya bagus. Tapi pixelnya kurang rapat. Untuk yang suka selfie, menurutku kamera depannya lumayan.

Aplikasi dan OS
Tidak begitu banyak aplikasi bawaan, hanya yang dibutuhkan saja. Aku belum sempat menjajal secara detail semuanya tapi secara umum baik. Osnya pun mengembangkan sendiri. Namanya CoolUI dan entah kenapa user interfacenya kerasa semacam gabungan UI Xiaomi, Lenovo dan Asus. Entahlah. OS udah lollipop dan selama pemakaiannya aku ngerasa lancar jaya. Hm belum ada kustomasi tema.

Jaringan dan multimedia
Masih 3g. Tapi penangkapan jaringannya bagus. Lancar. Multimedia juga enak. Headsetnya bagus. Enak buat hiburan.

Storage
Kalau enggak salah internal 4gb (apa 8gb ya) dan eksternal bisa diperluas sampai 32gb. Di rentang harga segitu, ruang simpan yang ditawarkan biasa aja. Normal.

Akhirnya, review ini hanya sebagai kenangan bahwa aku pernah bekerja dengan Coolpad Roar. Banyak yang belum mendetail jadi kutulis seingatku saja. Banyak juga yang belum aku oprek lebih jauh.

Yah selamat jalan partner kerja :D

Barangnya vroh | Source: Asus Zenfone 5 Camera

Hasil Foro Outdoor | Source: Coolpad Roar Camera

Komentar